ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Kamis, 12 Agustus 2010

Hembus Angin Utara

Hembus Angin UtaraHembus Angin Utara by Daniel Glattauer

My rating: 4 of 5 stars


Saya minum untuk kita. Saat ini saya sedikit mabuk. tapi tidak terlalu. Dan sekarang giliran Anda, tulislah sesuatu untuk saya, Emmi. Menulis seperti mengecup, hanya tanpa bibir. Menulis adalah mengecup dengan pikiran... h.120

Keajaiban email, seperti keajaiban sahabat pena, hanya saja lebih cepat.
Mereka tidak saling mengenal. Hanya kebetulan saja karena email salah sambung. Lalu dua orang ini mulai berkomunikasi karena salah satu melontarkan sambutan hangat, kalau mau dibilang sedikit menyindir..

No subject
Selamat Natal dan Tahun Baru. Dari Emmi Rothner.

dua menit kemudian
Dear Emmi Rothner, kita memang nyaris hanya kenal lebih sedikit daripada tidak sama sekali. Meskipun begitu, saya mengucapkan terima kasih atas ucapan email massal anda yang hangat dan sangat orisinal!
Saya memang lebih suka email massal yang ditujukan kepada sekelompok orang yang saya bukanlah bagian dari mereka. Wass, Leo Leike.
h.10

Lalu mereka mulai berkomunikasi setiap hari. Tanpa tatap indera, semua hubungan ini hanya lewat tulisan. Ada atau tidak kejujuran disana, tidak ada yang tahu. Tapi kita tahu ada emosi di sana. Walau hanya lewat tulisan, tetapi mengerahkan semua emosi lewat berbagai simbol, huruf besar, tanda baca, dapat membuat kita mengira-ngira emosi apa yang terjadi dalam diri mereka berdua.

RE:
Apa? Jadi sekarang Anda mau pergi? Leo, sebentar! Jawab dulu! Sekarang juga! Please!

setengah jam kemudian
RE:
Sial, benar dia tidak menjawab. Mungkin betul, dia monster berbulu lebat itu..
h.68

Seperti menemukan dunia baru.
Seperti tahu-tahu kamu menemukan teman dimana kamu cerita bagaimana harimu, dan hal-hal remeh temeh, bercanda, berkelit, marah, ngambek, senang, bahagia, kesal, ketus, seperti apa yang bisa saja dilewati dengan teman-teman biasa, hanya saja ini lewat email. Lewat tulisan.
Mengungkapkan perasaan lewat tulisan.
Menebak perasaan lewat gaya menulis, isi tulisan... mengira-ngira apakah di yang disana sedang senang, atau marah karena email ini. Merayu, merindu, hingga mabuk dan minum anggur bersama..

Ada kisah masa pengenalan, penasaran, kangen, pengakuan, cemburu, penghianatan, damai, rendezvous hingga akhir yang tak terduga.. betul2 kejutan.

"Aku kira aku mengenal ’dirinya’ dari email. Tidak. Terlalu banyak yang disembunyikan. Siapa yang tahu ini akan berkembang menjadi apa??"

***
Dapet juga di Blok M Square ketika lagi ngider-ngider dan ngobrol2 ma penterjemahnya *aka yang jualan* n dpt TTDnya juga..
Dengan senyum maniss dan janji akan dateng lagi, dapatlah saya diskon 30%.

Isinya roman percakapan by email oleh dua orang. Bahasanya halus dan cantik.. Kayaknya ini cerita cinta deh. Layout settingnya bagus, bukunya pas, cetakannya bagus.


View all my reviews >>

Tidak ada komentar: