ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Sabtu, 29 Desember 2012

Unpopular!

Unpopular!Unpopular! by Niken Anggrek
My rating: 3 of 5 stars

Pernah SMA? Pernah kan? Kecuali yang mengalami masa sekolahnya namanya SMU, masa SMA memang nggak ada duanya. Kata kepala sekolahku dulu sewaktu upacara pembukaan Penataran P4, masa SMA adalah masa paling indah, hanya dialami di SMA, bukan di STM atau SMEA atau SMKK (ada yang masih ingat singkatannya sebelum melebur jadi SMK? :D)

Woah, Penataran P4? Pasti anak SMA sekarang nggak mengalaminya, hanya MOS berkuncir pelangi yang dikenal. Penataran P4 itu untuk mendalami nilai-nilai luhur butir-butir Pancasila yang ada 36 butir itu.. (dengar-dengar, sekarang sudah 45 ya?) Penataran ini ajang yang bagus untuk berkenalan dengan siswa lain di SMA, yang ternyata, hanya berlangsung seminggu, kemudian kelasnya dipisah lagi.

Salah satu butir di P4 sila ke 5 butir 12 kalau nggak salah : Tidak bergaya hidup mewah. Nah, berhubung si Arum, tokoh di unpopular ini nggak belajar P4, cuma MOS doang, jadi pikiran dia penuh dengan mimpi2 tentang gadget keren yang dimiliki teman-temannya, dibandingkan dengan ponsel bergame snake lungsuran dari mamanya. Namanya juga anak remaja, pastilah standar hidupnya mengikuti apa yang ada terkeren di majalah saat itu.

Seperti aku dulu, yang merasa asyik kalau pake baju Osella atau H & R (ya ampun, ini pembongkaran umur), melakukan dosa terbesar yaitu pernah ngefans sama Atalarik (dijewer!), make Docmart biar kelihatan keren (dengan pita kuning yg ngelewer itu), dan bermimpi bisa masuk finalis Gadis Sampul (haiaaahh, belajar sonoo!!)

Dari dulu sampai sekarang, selalu ada geng keren di kelas ya, makanya temannya si Arum ini juga ada yang masuk geng keren dengan fashionistnya, namun diperlihatkan mereka lebih suka gosip artis daripada berita terkini. Kalau dipikir-pikir, dulu aku mirip Arum juga ya. Biasa banget gitu. Rambut ikal gak jelas, potongan bob sampai lulus, kulit muka berminyak (syukurlah gak pernah jerawatan), tinggi biasa-biasa aja, sekolah naik angkot atau sepeda, dan punya orangtua yang agak pelit soal gaul yee..

Bedanya sih aku berkacamata (tambah biasa lagi kan), suka main basket atau sepedaan sampai hitam, dan rajin belajar (nggak ding, ini juga biasa2 aja, buktinya kelas 3 pernah rangking 34.. - prestasi rangking terburuk sepanjang sekolah SD-SMA). Geli membaca pikiran-pikiran Arum, ya, ampuun aku gitu banget ya dulu.. untung sekarang udah sadar walau pun masih ada yang menuduh sok eksis (eh, sumpe lo? ge-er banget sih :)))

Tepatnya sih, memang mengalami apa yang dilewati Arum juga, bahwa hidup itu nggak sekadar kelihatan keren, tapi ada banyak hal yang bisa dilalui sebagai remaja, masa transisi untuk menemukan arah tujuan kita, saat yang tepat untuk menentukan passion kita. Ha, semoga saja passion itu tepat. Untuk memilih jurusan di UMPTN... ;)


View all my reviews

Tidak ada komentar: