ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Sabtu, 11 September 2010

Kemamang

KemamangKemamang by Koen Setyawan

My rating: 3 of 5 stars


#2010-8# langsung dari penerbitnya..



Buku dengan rasa science fiction banget..

Dari mulai pencarian jejak hewan, sampai makhluk halus, sampai ketemu UFO dan binatang aneh.. Sebenarnya saya juga tidak terlalu banyak baca scific, jadinya yah tidak terlalu terkesan, entahlah yang suka.

Hari dan Panji yang tertarik untuk mencari jejak harimau malah menemukan penemuan aneh di suatu desa di Gunung Lawu. Akhirnya, tertarik dengan apa yang terjadi di sana, mereka malah tinggal di desa itu untuk menyelidikinya. Rupanya ada hewan buas yang memangsa korbannya dengan cara yang sangat kejam, ada penglihatan2 aneh yang dialami keduanya, danau misterius..

Lalu apa sebenarnya hewan itu? Hewan yang akhirnya mengejar2 seisi penduduk, hewan yang berkembang biak dengan cara yang aneh. Lalu apakah penampakan2 yang disebut Kemamang oleh warga desa? Apakah ia jahat atau baik? Apakah ia bagian dari kita? dari dunia lain atau alam lain??



Penceritaannya lancar, dengan deskripsi penceritaan yang menarik. Namun benar2 membacanya seperti nonton Men in Black, Jurrasic Park, Alien, dan film2 scifi lainnya..

Mengganggu buat saya ilustrasinya yang kadang salah ditempatkan sebelum bab yang menceritakan tentang ilustrasi demikian. Menurut saya lebih baik tanpa ilustrasi, atau pakai ilustrasi seperti gambar dari buku, supaya lebih seperti novel yang lebih ilmiah.

Selain itu pemenggalan babnya yang ada bagian yang teramat pendek, dan ada judul bab yang saya rasa, kurang sepadan dengan isinya. Misalnya Bab 'Kelahiran Monster'.



Meskipun buku ini cukup lama juga bacanya, menurut saya buku ini bagus dibaca oleh para remaja sebagai bacaan alternatif selain baca komik. Cukup menghibur!!



View all my reviews

Tidak ada komentar: