ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Sabtu, 26 November 2011

Turiya

TuriyaTuriya by Maradilla Syachridar
My rating: 3 of 5 stars

#2011-31#

turn on : Kekal, by Homogenic

It so dark in here
No I can`t see a light
Take all the fires on me


Tiga orang, dua lelaki, satu perempuan. Bersahabat, katanya. Perempuan penyendiri, yang suka melamun, bermimpi, membayangkan sosok dalam bingkai jendelanya. Satu lelaki pelukis, yang merekam mimpinya dalam sapuan kuas. Satu lelaki agung, yang punya kerajaan anggurnya.
Disatukan dalam mimpi, lukisan dan gelas-gelas anggur.

It`s all my desire
But you just surrender
Take all the pain in your dreams


Cinta segitiga. Si lelaki wine mencintai perempuan mati-matian, dan si perempuan mencintai lelaki pelukis. Dan sayang mereka bertemu dalam mimpi. Dalam birunya absurd paradiso. Di mana semua yang tak mungkin menjadi nyata. Ketika pikiran-pikiran gila, bahasa yang tak terungkap terungkap dalam mimpi.

Langkahku terpejam
Titik ku berada
Perlahan arahku memudar


Ketika kamu berpijak antara mimpi dan kenyataan, mana yang kau pilih? Kenyataan yang membuat kau sakit kepala setiap hari, atau mimpi yang tak terprediksi, tak bisa dipilih. Kadang-kadang menyenangkan sekali terjebak dalam mimpi, ketika kenyataan begitu memuakkan.

Semu bayangku
Cermin tak berujar
Kemana arahku berjalan


"Mimpi tentang tidur adalah seindah-indahnya mimpi. Maka tidurlah. Niscaya engkau akan tidur dalam mimpimu." (kata seorang sahabat)
Kenyataan memang untuk dihadapi, namun tidak untuk ditelan. Terkadang perlu untuk bermimpi, sesekali. Jangan terlalu sombong pada dunia, atau takluk karenanya. Terjerat dan tak bisa lepas lagi.

Semua
Tertuju pada bayangku
Saat
Kau renggut nafas jiwaku
Biaskan angkuh diriku


Pada akhirnya, semua hanyalah kepingan bertajuk one day in my life. Kisah bergulir lagi, mulai dari awal. Tak pernah ada akhir, sebelum kau mati. Baik mimpi dan kenyataan bisa terjadi.

...
Am I hurting you that much
Am I putting you in doubt
Did I treat you so unkind
Do I have to lose you now……
...
Times goes by (many possibilities) pass me by
Don’t stop turn around
Time goes by (many possibilities) pass me by
Don't stop turn around...


Am I? - Homogenic : turn off.


In Hindu philosophy, turiya (or chaturtha) is the experience of pure consciousness. It is not a state of consciousness. The term state will imply change, but turiya never changes or evolves to something else. It is the background that underlies and transcends the three common states of consciousness: the state of waking consciousness (jagrata), the state of dreaming (svapna), and dreamless sleep (susupti).
-wikipedia-

View all my reviews

Tidak ada komentar: