ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Jumat, 09 Juli 2010

A Thousand Splendid Suns

A Thousand Splendid SunsA Thousand Splendid Suns by Khaled Hosseini

My rating: 4 of 5 stars


Cerita tentang penderitaan wanita di afganistan ini tidak terlukiskan. Aku membacanya dua hari karena seru banget dan sediiiihhhh bangeett..

Mengharukan sekali, ceritanya bagus, dan penterjemahannya juga bagus, Menceritakan tentang afganistan dari masa ke masa, membuat ku kecil hati karena tidak tahu ada negara yang masih di Asia dan semenderita itu karena perang berkepanjangan. ada Soviet, Mujahidin, Taliban, berganti2 penguasa di sana. Yang rugi siapa? rakyat kecillah yang harus rela mengabdi untuk negaranya, termasuk keluarga Laila, yang kedua kakaknya menjadi martir soviet, dan ayah ibunya tewas terkena bom, yang menyebabkan ia harus menikah dengan suami tetangganya dan menguasai hidupnya, karena peraturan pemerintah membuatnya demikian.

Peraturan bahwa wanita harus berdiam diri di rumah, tidak boleh keluar tanpa suaminya. Lalu kalau mereka janda tidak bisa juga mencari penghasilan, lalu makan apa?? dimana sih otak taliban-taliban ini. Mereka menghidupi rakyatnya juga nggak bisa, malah sibuk belanja senjata untuk perang.

Kisah Laila dan Mariam dengan setting penderitaan masa perang yang berganti-ganti ini, membuat berpikir, untuk apa semua ini??
Kenapa negara lain tuh hobi perang sih?? Kenapa tidak kita belajar untuk ikhlas dan bersyukur atas apa yang kita miliki. Sehingga kita tidak iri atas milik orang lain dan terus berusaha merebut.


View all my reviews >>

Tidak ada komentar: