ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Selasa, 02 Oktober 2012

To Kill A Mockingbird

To Kill A Mockingbird To Kill A Mockingbird by Harper Lee
My rating: 5 of 5 stars

Mungkin ini buku yang tahun ini menjadi buku-yang-tak-bisa-kuletakkan-hingga-usai. Tema, alur, dan penceritaannya yang luar biasa membuat aku selalu memegang buku ini di setiap kesempatan membacaku yang sempit ini. Dan akhirnya tamat dalam beberapa hari, diuntungkan dengan perjalanan yang cukup menyenangkan untuk membaca.

Buku seterkenal ini? Kenapa baru membacanya sekarang? Tidak ada alasan khusus, selain bahwa memang baru dapat waktu dan mood yang cocok. Dan dengan mood yang sebagus ini membuat buku ini sangat luar biasa.

"Keberanian adalah saat kau tahu kau akan kalah sebelum memulai, tetapi kau tetap memulai dan merampungkannya, apa pun yang terjadi."

Aku sangat suka Jean Louise Finch, pencerita dalam buku ini, yang berani, kritis, dan sangat lugas sifatnya sebagai seorang anak perempuan 8 tahun yang punya kakak laki-laki dan ayah pengacara Atticus Finch. Kepingin rasanya punya anak secerdas Jean Louise. Tapi, kalau mau punya anak seperti itu, kita harus sebijak Atticus Finch bukan?

Atticus mengajari anak-anaknya untuk menghargai perbedaan manusia sebagai hal yang tak perlu dibedakan. Ia juga mengajari rasa hormat, berani mengakui kesalahan, dan tanggung jawab atas apa yang dikerjakan. Ia menyuruh Jem meminta maaf pada Boo Radley, menjaga adiknya baik-baik, dan bersikap sewajarnya pada bibi mereka Alexandra, walau pun ia sendiri tak terlalu cocok juga.

Buku ini memberikan pelajaran atas banyak hal. Banyak sekali. Tentang kesabaran, tentang persahabatan, tentang dunia sederhana dalam satu kota, tentang cara menjaga sikap. Terjemahan yang indah dari mbak Femmy, membuat aku ingin membaca karyanya yang lain juga. :)



View all my reviews

Tidak ada komentar: