ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Rabu, 05 Oktober 2011

Balada Ching-Ching dan Balada Lainnya

Balada Ching-Ching dan Balada LainnyaBalada Ching-Ching dan Balada Lainnya by Maggie Tiojakin
My rating: 4 of 5 stars

Setiap orang berjalan antara mimpi dan kenyataan. Dipilihlah jalan yang lebih menyenangkan. Terkadang mimpi terlihat begitu indah menggoda, sehingga ia menapakkan kaki di situ. Terkadang kenyataan begitu sempurna, sehingga enggan untuk bermimpi lagi.

"Kamu percaya dengan yang namanya mukjizat?" tanya Suci tiba-tiba. Malik merawat Suci di rumah sakit hingga saat kematiannya sendirian..

Liana yang sendirian menunggu ibunya pulang dari supermarket, dengan berbagai khayalan gilanya. Imajinasi yang berkeliling.

Nina di ruang tunggu dokter jantung, sendirian, menemukan bahwa jantungnya bocor, sekosong kehidupannya sekarang.
"Apa yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebocoran?"
"Tambalan."
Apakah sesederhana itu?


Siapa yang tahu mana mimpi dan kenyataan? Siapa yang bisa mengalami mimpi seperti Andari Maimar? Menyaksikan runtuhnya menara kembar WTC. Tujuh hari sesudahnya, hari-hari dilaluinya dengan Aysha, perempuan cantik asal Beirut yang keluarganya habis oleh perang di Libanon.

Kehidupan yang mengalir, kehidupan dalam pikiran seseorang. Harapan akan mukjizat, khayalan, cinta yang lembut, seperti mengecup pikiran angan-angan. Rasa takut, cemburu, luka, sedih yang bisa membuat gila dan berbuat apa saja. Patah hati, sering menjadi alasan untuk tidak melanjutkan hidup.

Hari esok adalah satu-satunya harapanku. Matahari akan bersinar lagi. Aku akan hidup sehari lagi.
Ini bentuk yang kulihat dari tempatku berbaring : sebuah bola besar berpijar membawa petaka, terjatuh dari kegelapan di atas sana, pijarannya panas membakar kulitku, memicu amarah, benci, dan duka.
Kutunggu kesempatan untuk menekan nomornya lagi, dan itu saja sudah cukup. Itu lebih dari cukup.
Obsesi : permainan yang tak ada habisnya!

(dari halaman terakhir)





View all my reviews

Tidak ada komentar: