ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Minggu, 16 Oktober 2011

Wuthering Heights

Wuthering HeightsWuthering Heights by Emily Brontë
My rating: 5 of 5 stars

#2011-19#

Seseorang yang tidak pernah dicintai, akan sulit untuk memahami bagaimana caranya mencintai.

Heathcliff, tanpa nama belakang, ditemukan di pinggir jalanan London oleh Mr. Earnshaw, pemilik Wuthering Heights. Dibesarkan dengan kebencian keluarga Earnshaw terhadap dirinya, kecuali Mr. Earnshaw yang berumur pendek.
Tumbuh bersama Catherine Earnshaw yang riang dan ketus, yang menjadikannya teman bermain, kenakalan anak kecil, seseorang yang ia tidak ingin kehilangan seumur hidupnya, ia jaga, ia jadikan belahan jiwanya, hidupnya.

Sampai pada saat mereka tersesat ke Thrusscross Grange, dan membuat Catherine bertemu Linton, yang santun, dan bisa mengubah Catherine yang liar menjadi kalem, menjadi perempuan anggun, dan tidak terjangkau lagi oleh Heathcliff, bukan lagi teman yang bisa berkeliaran bersama lagi. Catherine jatuh cinta pada Linton, menikah dengannya, meninggalkan Heathcliff, tapi memendam rasa tak terungkap.

Cinta Heathcliff pada Catherine yang begitu besar, namun sayang ia tidak tahu bagaimana cara mencinta. Obsesif, keinginan memiliki, menguasai, dendam, semua diatasnamakan cinta. Tidak hanya semasa remaja, bahkan seluruh hidupnya hanya memikirkan bagaimana untuk membalas sakit hatinya karena merasa dikhianati Catherine. Tidak sebentar, namun bertahun-tahun, berusaha meraih kembali apa yang ia pikir seharusnya menjadi miliknya.

Cinta memang menakutkan. Kadang ia bisa menjadi manis dan lembut. Menyenangkan, membuat bahagia, membuat muka berseri-seri. Kadang ia memberi tangis, membuat sedih, bersungut-sungut, cemburu, hingga marah tak terkendali.

Cinta yang teramat dalam membuat posesif, ingin menguasai, bahkan membinasakan. Apa ini masih namanya cinta? Apa ini sudah yang namanya nafsu? Kalau dibilang antara cinta dan nafsu itu begitu tipis, hingga bisa dipertukarkan. Dicurangi, sehingga dianggap bisa menggantikan satu sama lain. Cinta yang demikian besar sehingga menghancurkan. Seperti menanam cinta yang berubah menjadi racun yang lama kelamaan akan menginfeksi diri sendiri juga. Terjerat bukan pada cinta sejati namun ambisi.

Don't let your heart's desire become your heart's disease...


*****
my birthday gift from my twin birthday sister Mery Momo.
*bighug*

cerita ini yang menginspirasi bella swan's tale kah?? really better, though.


View all my reviews

Tidak ada komentar: