ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Kamis, 12 Agustus 2010

Ekspedisi Anjer-Panaroekan - Laporan Jurnalistik Kompas: 200 Tahun Anjer-Panaroekan, Jalan (Untuk) Perubahan

Ekspedisi Anjer-Panaroekan - Laporan Jurnalistik Kompas: 200 Tahun Anjer-Panaroekan, Jalan (Untuk) PerubahanEkspedisi Anjer-Panaroekan - Laporan Jurnalistik Kompas: 200 Tahun Anjer-Panaroekan, Jalan (Untuk) Perubahan by Tim Ekspedisi Kompas 200 Taoen Anjer Panaroekan

My rating: 5 of 5 stars


membangkitkan kenangan tersendiri bagi diriku yang pernah tinggal di cirebon, bandung, semarang, surabaya, kini jakarta.. lebih dari separuh hidupku melintasi jalan ini setidaknya sekali setiap tahun.
ingat kemacetan di alas roban yang kini tergantikan oleh jalan mulus. tempat bis berhenti di gringsing untuk makan malam. restoran di tuban yang langsung menampar laut. desa nelayan di losari. pelabuhan di cirebon. puncak pass yang segar. pasir putih di pasuruan..
betapa dalam buku ini banyak yang tergantikan.. era pasar bebas yang membuat rotan cirebon terpuruk, salah satu buaian rotan ini pernah dipakai oleh adikku..
kini, bypass dimana2 membuat kota2 yang dilaluinya menyepi.. pembangunan yang hanya menguntungkan bagi kalangan pemodal, sedangkan rakyatnya tertinggalkan. arah angin yang bertiup membuat yang tak bs memanfaatkan akan terhempas. tidak ada jalan lain selain perbaikan pendidikan, agar setiap ada goncangan maka akan ada pegangan, supaya tidak menjadi buruh di tanah sendiri..
jalan pos, jalan kenangan...

View all my reviews >>

Tidak ada komentar: