ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Kamis, 12 Agustus 2010

Shadows of the Pomegranate Tree (Islam Quintet, #1)

Shadows of the Pomegranate Tree (Islam Quintet, #1)Shadows of the Pomegranate Tree by Tariq Ali

My rating: 4 of 5 stars


Dengan setting Andalusia Spanyol abad 15, di bawah pimpinan Ratu Isabella, telah dikeluarkan perintah untuk menghancurkan manuskrip2 Islam.
Prajurit memasuki 195 perpustakaan kota dan selusin rumah besar tempat menyimpan koleksi pribadi yang terkenal baik. Semua yang tertulis dalam bahasa Arab disita. Yang diselamatkan hanya sekitar 300 manuskrip tentang kesehatan dan sains sejak jaman purbakala..
Kemudian semua itu dibakar, sebagai upaya pemusnahan pengetahuan dan budaya.
"Apa artinya hidup tanpa buku-buku pengetahuan kita?" Ia berteriak melalui paru-paru yang terbakar. "Mereka akan membayar! Mereka akan membayar atas apa yang telah dilakukan pada kita hari ini!"


Kisah pembuka ini mengungkapkan titik balik perang antara Islam dan Kristen di Semenanjung Andalusia, Gharnatha (Granada), Ishbiliya (Sevilla, Qurtuba (Cordova). Digambarkan melalui salah satu kaum terakhir Bani Hudayl yang dikejar-kejar oleh Ximenes, karena berusaha untuk mempertahankan pengaruh Islam di Spanyol.
Penulisan cerita ini roman sejarah, dimana sejarah sebagai setting cerita tokoh keluarga Bani Hudayl, memperlihatkan semangat juang keluarga itu dalam menegakkan agama Islam, maupun kelemahan2 sebagai manusia yang dialami oleh tokoh2nya. Cinta, seks, dan perasaan mewarnai cerita buku ini.
Sang tokoh antagonis dalam cerita ini, Uskup Ximenes pun dijelaskan perasaan dan pergolakan hatinya sehingga ia merasa harus berperang untuk kesetiaannya kepada Ratu Isabella.

Meskipun ini roman sejarah Islam, dan Tariq Ali memang memihak kaum Islam disini, tapi dijelaskan juga kelebihan dan kekurangan secara adil tokoh protagonis dan antagonisnya, sehingga roman ini tidak terlihat membangkitkan kebencian pada salah satu agama yang bertikai dalam cerita ini, walaupun jelas bahwa Tariq Ali adalah seorang muslim.

Buku ini menurut saya sama bagusnya dengan The Book of Saladin A Novel karena saya juga baca keempat cerita dalam tetraloginya ini.

View all my reviews >>

Tidak ada komentar: