ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Kamis, 12 Agustus 2010

The Story of a Return (Persepolis, #2)

The Story of a Return (Persepolis, #2)The Story of a Return by Marjane Satrapi

My rating: 4 of 5 stars


gegar budaya.
ini nih yang dialami si gadis Iran Marji sewaktu kepindahannya ke Austria. walaupun sejatinya pergi untuk sekolah, ia berteman dengan teman-teman punk, teler, tripping, dan pesta-pesta aneh yang bertaburan ciuman.
perpindahan tempat tinggalnya juga karena hal2 yang konyol, keluarga yang bertengkar, biarawati yang disemprotnya dengan kata-kata tidak pantas, sampai tinggal dengan 8 orang homoseksual. pengaruh tripping membuatnya melakukan hal konyol, meninggalkan induk semangnya yang terakhir (dr. heller) untuk hidup di jalananselama tiga bulan. ini karena pikirannya kacau. tapi setelah menemukan dirinya di rumah sakit, ia sadar dan kembali ke iran.
tapi sekali lagi di iran ia mengalami kekacauan hingga mencoba bunuh diri, tapi gagal... (gambarnya lucu banget disini) dan akhirnya merubah total penampilannya, berkenalan dengan seorang pria (yang kemudian menikahinya di umur 21 thn).
Marji masuk sekolah graphic design yang kontra dengan peraturan moral di iran yang sangat ketat. pakaian serba tertutup untuk kuliah untuk mensketsa yang tidak nyaman, hingga tidak boleh memandang lawan jenis yang dijadikan model sketsa mereka. (thanks I live in indonesia).
selain itu, usaha2 meloloskan diri dari patroli polisi Iran atas pesta-pesta terlarang (pesta memang dilarang) menghiasi bagian2 buku ini.
Setelah merasakan banyak hal nyaman dan tidak nyaman kembali ke Iran, ia pun memutuskan kembali ke Eropa.


View all my reviews >>

Tidak ada komentar: