ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Sabtu, 18 September 2010

99 Untuk Arsitek

99 Untuk Arsitek99 Untuk Arsitek by Raul Renanda

My rating: 3 of 5 stars


#2010-51#



aaaarrrghhh!!!!!

buku ini pengen gue lempaarrr!!! dejavu!!!



buat arsitek pemula, jelas buku ini berguna banget untuk menghadapi masa depannya kelak. apa mereka benar-benar pengen jadi arsitek??

berat banget loh.. lihatlah apa yang ada di depanmu..



yang tertulis di buku ini hampir sama seperti keluhan-keluhan dan curhatku tahun-tahun belakangan ini. rasanya seperti kilas balik, bagaimana menghadapi kekesalan-kekesalan dengan perusahaan, kekesalan dengan klien, bedanya kerja ikut orang atau usaha sendiri. percaya deh, sama-sama capek.

beragam nasihat yang membuka jiwa. membuat kita besar hati akan pilihan ini. jadi di sini, intinya adalah ikhlas. toh, menjadi arsitek adalah pilihan kamu sendiri. buku ini hanya membantu. self-help lah, istilahnya.



sempat saya bacakan dengan beberapa teman di kantor. haha, akhirnya kita tertawa terbahak-bahak. tertawa miris rupanya, menertawakan diri sendiri yang bernasib mirip. karena terkadang apa yang kita terima sebagai teori di kampus, sangat berbeda dalam penerapan di dunia kerja.

banyak langkah-langkah penciptaan ide yang dilewati. semua ingin langsung jadi, bentuk massa bangunan langsung ketemu. idealisme yang terkikis. eksplorasi ruang yang minimalis.



buku ini minta dibaca perlahan, namun proyek selalu minta cepat. jadi agak tidak sesuai ritmenya. membaca tiap pagi sebelum berkutat dengan autoCAD, ternyata tidak banyak membantu. terlalu lama berkutat di desain instan, jadi tidak menumbuhkan perenungan karya. rupanya harus berhenti dulu dan intropeksi untuk membacanya. mungkin saya harus mulai menata orientasi mimpi saya.



-dengankan komentar teman (awam)-

-kita mendesain untuk klien, bukan untuk kita sendiri-

-lucky = preparation meets opportunity-

-go ahead, be narcisist!-




bila memungkinkan, ubahlah mimpi kita..



View all my reviews

Tidak ada komentar: