ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Sabtu, 18 September 2010

Cinta di Atas Perahu Cadik

Cinta di Atas Perahu CadikCinta di Atas Perahu Cadik by Seno Gumira Ajidarma

My rating: 4 of 5 stars


#2010-46#



Terima kasih untuk Ayu Utami dan Sapardi Djoko Damono yang telah memilih 10 dari 52 cerpen yang dimuat di Kompas Minggu untuk dibukukan dalam buku ini.



Favorit saya satu kisah berjudul Pilot Bejo, karya Budhi Darma. Bejo, yang garis keturunannya menjadi pengendara, kakeknya yang kusir kereta, ayahnya yang masinis, menjadi pilot di Sontoloyo Airlines, perusahaan yang hanya mencari untung semata, tanpa mengindahkan etika penerbangan.

Bejo, berarti beruntung, satu nama yang bagus untuk pengendara sebagai mantra diri keselamatan. Namun di perusahaan Sontoloyo, tak berarti lagi, mantra tak ampuh melawan pemilik.



Kedua adalah Tukang Jahit karya Agus Noor yang pernah saya tonton pembacaan cerpennya oleh Happy Salma. Tukang Jahit yang membagi jarum ajaibnya untuk membahagiakan orang lain. Teringat visualisasi dengan wayang yang mengiringi Happy membaca. Deskriptif dan jenaka.

agusnoorfiles.wordpress.com/2008/03/22/t...


Yang disayangkan dari tampilan ini adalah, cerpen KOMPAS, yang memikat cerpennya dengan ilustrasi lukisan yang menarik, tidak memberikan tampilan yang sama kuatnya seperti di koran. Ilustrasi di sini hanya seperti tempelan belaka. Seandainya dimuat satu halaman sebelum cerpennya, pasti terlihat lebih indah (ingat layout 9 dari Nadira) dan lebih berkarakter.



View all my reviews

Tidak ada komentar: