ulasan. resensi. kesan.

ulasan. resensi. kesan. ini bukuku, apa bukumu?

Sabtu, 18 September 2010

Before Green Gables

Before Green GablesBefore Green Gables by Budge Wilson

My rating: 4 of 5 stars


#2010-71#



Seseorang dibentuk oleh kehidupannya, apa-apa yang dilaluinya..



Buat penggemar Anne, the little girl with red hair, buku ini sangat menarik untuk dibaca.

Rentang waktu penulisannya, seratus tahun sejak Anne muncul di Green Gables, sangat jauh, sehingga amat tidak mungkin Budge Wilson meminta pendapat Lucy Montgomery tentang masa kecil Anne.



Selama ini kita tahu kehidupan Anne sebelumnya hanya dari celotehannya saja, bahwa ia dari rumah yatim piatu, pernah mengasuh anak kembar, sehingga tidak kaget ketika dapat anak kembar di rumah Cultbert, hingga rajin bekerja keras sambil bernyanyi-nyanyi riang gembira. Dan yang paling kusukai adalah, bagaimana Anne bisa begitu puitis dan menciptakan rangkaian kata indah untuk tempat-tempat yang disukainya. Danau Riak Berkilau. Kanopi Kekasih. Bukannya terdengar indah?



Tentunya sering muncul di benak pembaca apa yang terjadi di masa lalu Anne sehingga ia bisa menjadi seperti apa yang kita temui di Green Gables. Budge Wilson dengan cermat merangkaikan celah cerita Anne dengan menciptakan dunia masa kecil Anne. Dibantu oleh penggemar-penggemar Anne yang banyak menunjukkan sisi-sisi masa kecil yang dapat diceritakan, hiduplah imajinasi Wilson tentang asal-usul gadis Anne, yang datang dari Nova Scotia ini.



Hampir semua terjawab di sini, orang tua Anne, wabah penyakit, ketulusan, keluarga2 yang diikutinya, penderitaan masa kecil, panti asuhan, sekolah, guru-guru, hingga daya imajinasi Anne yang tinggi.



Anne istimewa, karena ia punya kelebihan kosakata dan pemahaman kalimat yang indah dalam usianya yang masih belia. Apa yang dibaca, dan orang-orang lain yang mengajarkannya. Tidaklah aneh, karena penyerapan otak atas kata-kata indah memang didapat dari apa yang didengar dan diajarkan padanya.



Teringat kata-kata indah Abdurrahman Faiz, tentu tidak heran bahwa memang ada anak yang bisa merangkai kalimat pada usia yang muda. Seperti yang dibaca pada buku-buku parenting, otak anak balita bagai spons memang mampu menyerap apa saja dan melontarkannya kembali.



Gunakan kata-kata indah untuk anakmu, sehingga ia dapat mengembalikannya kepadamu.



View all my reviews

Tidak ada komentar: